SMK Insan Cemerlang yang merupakan SMK di Kabupaten Bogor kali ini mengadakan kegiatan In House Training atau Pelatihan Internal dari sumberdaya yang dimiliki oleh organisasi itu sendiri. Tema menarik dan mendasar yang dibahas kali ini adalah Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal.
Kriteria Ketuntasan Minimal atau disingkat KKM adalah Nilai Minimal yang harus dicapai oleh siswa dalam suatu kelas yang ditetapkan dan dirumuskan oleh Guru dengan mempertimbangkan 3 kriteria yaitu:
- Kompleksitas,
- Daya Dukung, dan
- Intake.
Kompleksitas adalah kriteria pertama KKM yang didapat dari pengukuran kompleksitas atau keberagaman kondisi dan kemampuan masing-masing siswa dalam menerima materi pendidikan di kelas. Semakin tinggi kompleksitas maka nilai kriteria menjadi semakin rendah, dan semakin rendah kompleksitas maka nilai kriteria menjadi semakin tinggi.
Daya Dukung yang merupakan kriteria kedua KKM didapat dari pengukuran seberapa besar dukungan yang dimiliki masing-masing siswa dalam kelas dalam menerima materi pendidikan di kelas. Dukungan dapat berupa dorongan dari orang tua, masyarakat lingkungan rumah dan sekolah, dukungan sarana dan pra-sarana pendidikan, dan yang semacamnya. Semakin tinggi daya dukung maka nilai kriteria menjadi semakin tinggi, dan semakin rendah daya dukung maka nilai kriteria menjadi semakin rendah pula.
Kriteria ketiga untuk menentukan KKM adalah Intake yang menggambarkan kualitas masing-masing siswa sebelum diterima di suatu kelas. Latar belakang atau kualitas pendidikan masing-masing siswa di jenjang sebelumnya merupakan kriteria penting yang menentukan tinggi atau rendahnya nilai KKM. Semakin tinggi intake maka nilai kriteria menjadi semakin tinggi, dan semakin rendah intake maka nilai kriteria menjadi semakin rendah pula.
Rumus penetapan KKM menggunakan tiga kriteria Kompleksitas, Daya Dukung, dan Intake bisa dilihat dari Gambar 1 berikut:
mantap lanjutkan dan sosialisasikan jadikan sistem berbasis kinerja untuk dapat diaplikasikan di sekolahan swasta lain..